HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Penulis

  • Christiane Sarayar Universitas Pembangunan Indonesia
  • Engelina Shinta Kewas

Abstrak

Kepuasan merupakan perasaan senang yang dirasakan seseorang setelah membandingkan antara hasil suatu produk dengan harapannya. Kepuasan merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu kepuasan pasien. Salah satu yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah layanan, khususnya layanan keperawatan. Jumlah tenaga perawat merupakan tenaga paling banyak bila dibandingkan dengan tenaga kesehatan lainnya, sehingga perannya menjadi penentu dalam pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun di rumah sakit. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi berjumlah 36 orang sampel menggunakan total populasi yaitu 36 orang. Penelitian dilakukan di ruang rawat inap Puskesmas Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow untuk pengumpulan data. Dari hasil penelitian Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Poigar, diperoleh nilai ρ = (0,000) lebih kecil dari nilai α = (0,05), dengan demikian maka Ho ditolak dan ( Ha diterima). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan kualitas layanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Poigar Kabupaten Bolaang Mongondow, Standar layanan keperawatan diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap.

Unduhan

Diterbitkan

2017-09-28

Cara Mengutip

Sarayar, C., & Kewas, E. S. (2017). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS POIGAR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Journal Of Community & Emergency, 5(2), 22–33. Diambil dari https://www.ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/152