HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI IRINE C RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO
Abstrak
Terapi komunikasi diterapkan oleh perawat yang berurusan dengan pasien untuk meningkatkan kepercayaan timbal balik, dan jika tidak diterapkan akan mengganggu hubungan terapeutik yang mempengaruhi ketidakpuasan pasien. Pasien akan puas ketika kinerja kesehatan sama dengan atau melebihi harapan nya dan sebaliknya, ketidakpuasan pasien atau perasaan kekecewaan akan muncul jika kinerja kesehatan yang ia mendapat tidak sejalan dengan Harapan. Tujuan dari studi ini adalah 10 menentukan hubungan perawat terapi komunikasi dengan kepuasan pasien di Irina C RSUP Prof DR. R. D. Kandou Manado. Penelitian ini menggunakan metode menganalisa deskriptif dengan Cross-sectional studi. Populasi adalah pasien rata yang masuk dalam tiga bulan terakhir sebanyak 79 orang. Sampel sebanyak 79 pasien setelah menggunakan teknik populasi total. Menganalisis menggunakan Chi Square Test dengan nilai adalah 0,05. Berdasarkan Chi Square Test, hasil p-nilai adalah ini berarti, ada korelasi yang signifikan antara perawat terapi komunikasi dengan kepuasan pasien di Irina C RSUP Prof DR. R. D. Kandou Manado. Kesimpulannya adalah komunikasi terapeutik perawat yang paling luas tidak baik, kepuasan pasien adalah yang paling luas tidak memuaskan dan ada korelasi antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Irina C RSUP Prof DR. R. D. Kandou Manado.