HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS TIKALA BARU KOTA MANADO
Abstrak
Mutu pelayanan keperawatan dapat dilihat dari pelayanan keperawatan yang komprehensif berdasarkan standar keperawatan yang telah ditetapkan sesuai dengan keinginan pasien sehingga tercipta kepuasan pasien. Kinerja perawat mencerminkan kemampuan perawat untuk mengimplementasikan proses keperawatan. Kinerja perawat diukur dari pelayanan yang diberikan kepada pasien sehingga dengan kinerja yang baik pasien merasakan puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Tikala Baru Kota Manado. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan tingkat keparahan ISPA. Sampel pada penelitian ini sebanyak 99 responden. Data dianalisis menggunakan uji chi square dengan signifikansi 95%. Hasil penelitian terdapat 57 responden (57.6%) yang memperoleh kinerja perawat kurang baik dan sebanyak 54 responden (54.5%) yang menyatakan kurang puas terhadap kinerja perawat yang diterapkan di Puskesmas Tikala Baru.