HUBUNGAN PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RS. BHAYANGKARA TK III MANADO

Penulis

  • Srikandy Saean Fakultas Keperawatan
  • Frida Mendur Fakultas Keperawatan
  • Adi Mamahit Fakultas Keperawatan

Kata Kunci:

elayanan Perawat, Kepuasan Pasien

Abstrak

 

Pelayanan adalah kegiatan yang terjadi dalam bentuk interaksi langsung dengan pasien, yang bertujuan untuk membantu sehingga terciptanya kepuasan terhadap pasien tersebut. Pelayanan ini juga dilakukan harus semaksimal mungkin agar terciptanya kepuasan terhadap para pasien yang dirawat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RS Bhayangkara Tk III Manado. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional study. Populasi dalam Penelitian ini adalah 30 pasien sebagai responden yang berada di ruang rawat inap RS Bhayangkara Tk III Manado. Sampelnya adalah 30 responden. Variable idependen dalah pelayanan perawat dan variable dependen adalah kepuasan pasien. Dengan instrument penelitian menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Chi-square (????2) di peroleh nilai ρ-value = 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Berarti H0 ditolak maka terdapat hubungan yang signifikan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RS. Bhayangkara Tk. III Manado. Pelayanan perawat di Ruang Rawat Inap RS. Bhayangkara Tk. III Manado lebih banyak pelayanan perawat yang baik di bandingkan dengan pelayanan perawat yang kurang baik. Kepuasan pasien dalam pelaksanaan pelayanan perawat di Ruang Rawat Inap RS Bhayangkara TK. III Manado lebih banyak pasien yang merasa puas dibandingkan dengan pasien yang merasa tidak puas. Selanjutnya Penelitian ini untuk menjadi rujukan bagi peneliti lanjutan dalam meneliti lebih mendalam tentang fungsi hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien dengan motivasi dan ruang kerja tenaga kesehatan.

Diterbitkan

2024-01-19

Cara Mengutip

Srikandy, S., Mendur, F., & Mamahit, A. (2024). HUBUNGAN PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RS. BHAYANGKARA TK III MANADO. Journal Of Community & Emergency, 8(3). Diambil dari https://www.ejournal.unpi.ac.id/index.php/JOCE/article/view/385