HUBUNGAN RESPON TIME PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MANADO
Kata Kunci:
Response Time, Tingkat Kepuasan Pelayanan PasienAbstrak
Salah satu tujuan dalam pelayanan di rumah sakit adalah kepuasan pelanggan, baik itu pasien maupun keluarga salah satu faktor yang dapat menyebabkan ketidak puasan keluarga adalah pelayanan yang diberikan oleh para perawat yaitu kurangnya response time di Unit Gawat Darurat (UGD) salah satunya kurangnya response time dari perawat.
Tujuan Penelitian yaitu diketahui hubungan respon time perawat dengan tingkat kepuasan pelayanan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Manado.
Penelitian ini adalah menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Desember 2022 sampai dengan 2023 di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 42 responden. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square (χ.) dengan batas kemaknaan α = 0,05
Hasil penelitian diperoleh nilai P value = 0,000 nilai α <0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat hubungan respon time perawat dengan tingkat kepuasan pelayanan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Manado.
Kesimpulan dari hasil penelitian terdapat hubungan respon time perawat dengan tingkat kepuasan pelayanan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Manado.
Saran bagi rumah sakit agar membuat kebijakan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan kususnya response time yang dilakukan perawat agar tidak terjadi keterlambatan dalam penaganan yang akan mempengaruhi kepuasan pasien.