APLIKASI PENENTUAN LOKASI STRATEGIS PUBLIKASI UNTUK MENINGKATKAN POPULARITAS CALON WALIKOTA MANADO MENGGUNAKAN METODE SMART DI KOTA MANADO

Penulis

  • Merry M. Taju Universitas Pembangunan Indonesia
  • Stefen R. A. Taroreh Universitas Pembangunan Indonesia
  • Markus Mamangkey Universitas Pembangunan Indonesia
  • Arnetha Raintung Universitas Pembangunan Indonesia

Kata Kunci:

Sistem Penunjang Keputusan, SMART

Abstrak

Pembuatan sistem atau aplikasi ini di latar belakangi oleh karena saat Pilkada banyak alat peraga kampanye atau baliho ditempatkan di mana-mana di dalam wilayah Kota Manado. Fenomena ini sangat menarik karena penempatan baliho masih dilakukan secara acak dan tidak strategis. Sebenarnya jika ditempatkan dengan strategis, akan lebih efisien dan efektif untuk para Calon Walikota agar lebih dikenal masyarakat. Metode penelitian yang diterapkan dalam aplikasi atau sistem ini adalah metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique atau Teknik Penilaian Multi Atribut Yang Sederhana) karena metode ini dapat membantu mempermudah pengambilan keputusan multi kriteria berdasarkan teori bahwa setiap alternatif terdiri dari sejumlah kriteria yang memiliki nilai-nilai dan setiap kriteria memiliki bobot yang menggambarkan seberapa penting kriteria tersebut dengan kriteria lain. Hasil dari penelitian ini dapat membantu dan mempermudah Calon Walikota untuk menentukan lokasi alternatif dengan memberikan rekomendasi lokasi alternatif yang dinilai paling layak untuk penempatan alat peraga kampanye.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-28

Terbitan

Bagian

##section.default.title##